You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
 PJ Gubernur Resmikan Bedah Kawasan Permukiman Warga Menteng
.
photo Andri Widiyanto - Beritajakarta.id

Heru Resmikan Hasil Bedah Kawasan Eks Kebakaran di Menteng

Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, meresmikan hasil bedah kawasan permukiman warga di Jalan Anyer, RT 06/09 Kelurahan Menteng, Menteng, Jakarta Pusat. Kawasan ini direvitalisasi setelah terdampak kebakaran pada 2023 lalu.

"Ada sekitar 20 rumah yang terkena kebakaran tahun lalu dan hari ini sudah direvitalisasi." 

"Ada sekitar 20 rumah yang terkena kebakaran tahun lalu dan hari ini sudah direvitalisasi. Termasuk ada lima rumah direvitalisasi terkait penanggulangan TBC," ujar Heru, Rabu (2/10).

Heru menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Baznas Bazis Jakarta Pusat, PAM Jaya dan PAL Jaya serta PLN yang telah mendukung pelaksanaan bedah kawasan ini dengan menyiapkan instalasi air bersih, limbah rumah tangga dan kelistrikan.

Pemkot Jakpus Programkan Bedah Kawasan Terdampak Kebakaran di Menteng

Kemudian kepada para penerima manfaat, Heru berharap mereka bisa menjadi pelopor mengedukasi warga lainnya agar memelihara instalasi listrik di rumah masing-masing.  Sebab, menurut data, sebanyak 68,6 persen kebakaran di Jakarta terjadi akibat korsleting arus listrik.

"Di sini ada (perwakilan) tiga ibu-ibu, sampaikan kepada masyarakat, kalau meninggalkan rumah atau menggunakan listrik harus (sesuai) standar yang telah ditetapkan pemerintah," ucap Heru.

Ketua BAZNAS Bazis DKI Jakarta, Akhmad H Abu Bakar menjelaskan, program bedah kawasan ini bertujuan memberikan hunian baru, kawasan asri yang lebih tertata dan ruang sosial untuk warga berkumpul.

Berdasar data yang dihimpun, dari total 22 rumah terdampak kebakarann,  13 di antaranya direnovasi total serta tujuh direnov sedang dan ringan dengan anggaran total senilai Rp 2,2 milliar. Sedangkan dua rumah lainnya tidak direnovasi lantaran pemilik tidak bersedia.

Tidak hanya rumah warga terdampak kebakaran,lanjut Akhmad, pihaknya juga melakukan bedah lima rumah bagi penderita TBC. Secara teknis, pelaksanaan penataan kawasan melibatkan Suku Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) dan Suku Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (CKTRP) Jakarta Pusat, serta PLN, PAM Jaya dan Pal Jaya.

"Kami ucapman terima kasih kepada bapak gubernur, wali kota dan segenap stakeholder yang mendukung terlaksana kerja ini," tambahnya.

Salah seorang warga pemanfaat, Tuti Solihati, mengapresi atas bantuan yang telah diterima. Dia merasa bahagia, karena hunian yang ditempati bersama tiga anaknya, saat ini sudah lebih baik dari sebelumnya.

"Alhamdulillah lebih baik jadinya. Dibangun dua lantai lengkap dengan sarana," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. UP Metrologi Dinas PPKUKM Gelar Edukasi Metrologi Legal

    access_time30-09-2024 remove_red_eye2706 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Asyik, Besok Tarif Transjakarta, MRT dan LRT Jakarta Cuma Rp 1

    access_time04-10-2024 remove_red_eye2247 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Penataan Kawasan di Jalan Bendi Besar Rampung

    access_time01-10-2024 remove_red_eye1186 personTiyo Surya Sakti
  4. Heru Imbau Kantor di Sudirman-Thamrin Terapkan WFH saat Puncak HUT TNI

    access_time30-09-2024 remove_red_eye1157 personAldi Geri Lumban Tobing
  5. Kebakaran Lapak Pengepul Barang Bekas di Pegadungan Berhasil Dipadamkan

    access_time02-10-2024 remove_red_eye1049 personTP Moan Simanjuntak